RSS Feed

Kompresor Sentrifugal

Posted by HANA HERLINA M.A Label: ,


KOMPRESOR SENTRIFUGAL


·         TUJUAN

Untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat didalam  komperesor sentrifugal
      
·         DASAR TEORI

Kompresor adalah peralatan mekanik yang digunakan untuk memberikan energi kepada fluida gas/udara, sehingga gas/udara dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain secara kontinyu.Penambahan energi ini bisa terjadi karena adanya gerakan mekanik, dengan kata lain fungsi kompresor adalah mengubah energi mekanik (kerja) ke dalam energi tekanan (potensial) dan energi panas yang tidak berguna.
Sedangkan kompresor sentrifugal, termasuk dalam kelompok kompresor dinamik adalah kompresor dengan prinsip kerja mengkonversikan energi kecepatan gas/udara yang dibangkitkan oleh aksi/gerakan impeller yang berputar dari energi mekanik unit penggerak menjadi energi potensial (tekanan) di dalam diffuser.

1.Karakteristik
Karakteristik kompresor sentrifugal secara umum sebagai berikut :
- Aliran discharge uniform.
- Kapasitas tersedia dari kecil sampai besar.
- Tekanan discharge dipengaruhi oleh density gas/udara.
- Mampu memberikan unjuk kerja pada efisiensi yang tinggi dengan beroperasi
  pada range tekanan dan kapasitas yang besar.


2. Bagian Utama Dan Fungsinya.
         Kompresor terdiri dari beberapa bagian yang fungsinya satu dengan yang lain saling berhubungan, diantaranya adalah :

2.1. Bagian Statis.
  1. Casing
Casing merupakan bagian paling luar kompresor yang berfungsi :
-   Sebagai pelindung terhadap pengaruh mekanik dari luar.
- Sebagai pelindung dan penumpu/pendukung dari bagian-bagian yang       bergerak.
- Sebagai tempat kedudukan nozel suction dan discharge serta bagian diam lainnya.
Berikut contoh gambar dari tipe radial split barrel dengan bentuk selongsong dan ditutup bagian depan-belakang (rear-front cover).




2. Inlet Wall.
Inlet wall adalah diafram (dinding penyekat) yang dipasang pada sisi suction sebagai inlet channel dan berhubungan dengan inlet nozle.Karena berfungsi sebagai saluran gas masuk pada stage pertama, maka meterialnya harus tahan terhadap abrasive dan erosi.
2.Guide Vane.
Guide vane di tempatkan pada bagian depan eye impeller pertama pada bagian suction (inlet channel). Fungsi utama guide vane adalah mengarahkan aliran agar gas dapat masuk impeller dengan distribusi yang merata.
Konstruksi vane ada yang fixed dan ada yang dapat di atur (movable) posisi sudutnya dengan tujuan agar operasi kompresor dapat bervariasi dan dicapai effisiensi dan stabilitas yang tinggi.
4. Eye Seal.
Eye seal ditempatkan di sekeliling bagian luar eye impeller dan di tumpu oleh inlet wall. Eye seal selalu berbentuk satu set ring logam yang mengelilingi wearing ring impeller (lihat gambar 4).
Berfungsi untuk mencegah aliran balik dari gas yang keluar dari discharge impeller (tekanan tinggi) kembali masuk ke sisi suction (tekanan rendah).
5.Diffuser
Diffuser berfungsi untuk merubah energi kecepatan yang keluar dari discharge impeller menjadi energi potensial (dinamis).
Untuk multi stage dipasang diantara inter stage impeller.

6. Labirinth Seal.
Labirinth seal digunakan untuk menyekat pada daerah :
- Shaft dan diafragma sebagai shaft seal.
- Casing dan shaft sebagai casing seal.


7. Return Bend.
Return bend sering juga disebut crossover yang berfungsi membelokan arah aliran gas dari diffuser ke return channel untuk masuk pada stage/impeller berikutnya. Return bend di bentuk oleh susunan diafragma yang dipasang dalam casing.
Bentuk dan posisi dari return bend ditunjukan pada gambar 7.





8. Return Channel.
Return channel adalah saluran yang berfungsi memberi arah aliran gas dari return bend masuk ke dalam impeller berikutnya. Return channel ada yang dilengkapi dengan fixed vane dengan tujuan memperkecil swirl (olakan aliran gas) pada saat masuk stage berikutnya sehingga dapat memperkecil vibrasi, lihat gambar 8.

9. Diafragma.
Diafragma adalah komponen bagian dalam kompresor yang berfungsi sebagai penyekat antar stage dan tempat kedudukan eye seal maupun inter stage seal.
Dengan pemasangan diafragma secara seri, akan terbentuk tiga bagian penting, yaitu diffuser, return bend, dan return channel. Diafragma ditempatkan didalam casing dengan hubungan tongue-groove sehingga mudah dibongkar pasang.








2.2. Bagian Dinamis.
1. Shaft and Shaft Sleeve.
Shaft atau poros transmisi digunakan untuk mendukung impeller dan meneruskan daya dari pengerak ke impeller. Untuk penempatan impeller pada shaft di gunakan pasak (key) dan pada multi stage, posisi pasak di buat selang-seling agar seimbang. Sedangkan jarak antar stage dari impeller di gunakan shaft sleeve, yang berfungsi sebagai pelindung shaft terhadap pengaruh korosi, erosi dan abrasi dari aliran dan sifat gas dan untuk penempatan shaft seal diantara stage impeller.






2. Impeller.
Impeller berfungsi untuk menaikan kecepatan gas dengan cara berputar, sehingga menimbulkan gaya. Hal ini menyebabkan gas masuk/mengalir dari inlet tip (eye impeller) ke discharge tip. Karena adanya perubahan jari-jari dari sumbu putar antara tip sudu masuk dengan tip sudu keluar maka terjadi kenaikan energi kecepatan.







3.Bantalan (Bearing).
Bearing adalah bagian internal kompresor yang berfungsi untuk mendukung beban radial dan aksial yang berputar dengan tujuan memperkecil gesekan dan mencegah kerusakan pada komponen lainnya.
Pada kompresor sentrifugal terdapat dua jenis bearing, yaitu :
  1. Journal bearing.
Digunakan untuk mendukung beban dengan arah radial (tegak lurus poros).
2. Thrust bearing.Digunakan untuk mendukung beban kearah aksial (sejajar  
poros).
4. Oil Film Seal.
Oil film seal merupakan salah satu jenis seal yang digunakan dalam kompresor. Oil film seal terdiri dari satu atau dua seal ring. Pada seal jenis ini diinjeksikan minyak (oil) sebagai penyekat/perapat (seal oil) antara kedua seal ring yang memiliki clearence sangat kecil terhadap shaft. Tekanan masuk seal oil dikontrol secara proporsional berdasarkan perbedaan tekanan sekitar 5 psi diatas tekanan internal gas dan perbedaan tekanan oil-gas selalu dipertahankan.
Sehubungan dengan kondisi operasi tidak selalu konstan, maka untuk mempertahankan perbedaan tekanan antar seal oil dan gas dapat sesuai dengan kondisi operasi, digunakan overhead tank.
Sistim overhead tank adalah memasang tanki penampung seal oil dengan ketinggian tertentu diatas kompresor dan level seal oil dalam tanki dikontrol melalui level control operated valve, kemudian tekanan gas stream dimasukan kedalam tanki melalui bagian atas (top) sehingga memberikan tekanan pada permukaan seal oil. Dengan sistem overhead tank, maka head static seal oil secara otomatis dapat menyesuaikan dengan kondisi operasi kompresor, sehingga perbedaan tekanan oil-gas proses dapat dipertahankan konstan.

·      PRINSIP KERJA
    Kompresor udara sentrifugal merupakan kompresor dinamis, yang tergantung pada transfer dari energi putar impeller  ke udara. Rotor melakukan pekerjaan ini dengan mengubah energi kinetik menjadi  tekanan udara. Kompresor udara sentrifugal adalah kompresor yang dirancang bebas minyak pelumas. Gir yang dilumasi minyak pelumas terpisah dari udara dengan pemisah yang menggunakan sil  pada poros dan ventilasi atmosferis.  Kompresor  ini mempunyai karakteristik berbeda  dengan mesin reciprocating. Mesin sentrifugal lebih sesuai diterapkan untuk kapasitas besar diatas 12,000 cfm.

·         DAFTAR ALAT
       -    Obeng
       -    Kunci T
       -    Palu
























·         DATA PENGAMATAN
Langkah kerja Pembongkaran dan Asembling kompresor sentrifugal
NO
PERLAKUAN
GAMBAR
ALAT
ANALISIS
1


























2
Pembongkaran:
a.Membuka baut pada kompresor yang melekat dibagian cover(tutup).
b. Membuka sudu (piringan) tempat keluarnya udara.




c.Kompresor di balik, dan
membuka kembali cover bagian depan yang dihubungkan pada motor.
d.Membuka sudu (piringan) bagian depan.



e. melepaskan ring plat.






f. melepaskan dudukan sudu.



Assembling
a.Memasang dudukan sudu.




b.Memasang ring plat dibagian kiri dan kanan dudukan sudu.


c.Memasang bagian piringan pada bagian kiri dan kanan.



d.Memasang cover(penutup) pada kompresor di bagian atas dan bawah.

e.Memasang semua baut di bagian cover supaya tidak terlepas.





-Kunci pas








-







-Kunci pas









-







-Drift punch
-Palu

-Drift punch.
-Palu






-




-kunci pas
-kunci L



-


Membuka baut merupakan langkah pertama untuk membuka cover kompresor.

-Sudu pada kompresor yang menghasilkan  energi udara tekan dan  berfungsi juga sebagai pengatur keluar nya udara.
-Pada sudu bagian depan pada kompresor ini berfungsi sebagai tempat masuknya udara.
-Cover terdiri dari dua bagia yaitu cover depan dan cover belakang.
-Pada kompresor terdiri dari ring plat pada bagian kiri dan  kanan. Ring plat berfungsi untuk menahan sudu pada saat berputar supaya tetap pada posisinya.
-Dudukan sudu digunakan untuk sudu-sudu yang ada pada kompresor.

-Dudukan sudu terletak diantara sudu bagian belakang dan depan kompresor.

-Ring plat digunakan untuk menahan sudu agar tetap  pada porosnya.

-Pada kompresor terdapat  2 piringan yang terletak di bagian kiri dan kanan kompresor.


-Cover pada kompresor harus terpasang dengan baik agar kompresor bekerja dengan baik. 
-Pemasangan baut digunakan untuk memperkuat supaya cover  terpasang dengan kuat dan agar cover  kompresor tetap terpasang dengan rangka.














LAPORAN TETAP
PRAK. MESIN ENERGI KONVENSIONAL
KOMPRESOR DINAMIS
( SENTRIFUGAL)



DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 3
                                    ROBIYANTO                 (0609 4041 1372)


KELAS : 4 EG.B
INSTRUKTUR : Ahmad Junaidi, S.T.

JURUSAN TEKNIK KIMIA
PROGRAM STUDI DIV TEKNIK ENERGI
POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG
2011

0 komentar:

Posting Komentar